Senin, 08 Februari 2010

komputer mati saat instalasi

jadi juga hari ini install ulang kompi setelah dari jum'at kemaren berhasrat sekali ingin menginstall ulang tapi ga semepet waktunya plus karena CD installernya tertinggal .
jadi dari kemaren sudah gw persiapkan semuanya dirancang dikepala maksudnya karena emang lagi dirumah temen untuk sebuah kegiatan iseng", jadi paginya tadi langsung persiapkan semuanya mulai nyari" box CD akhirnya ketemu juga CD installernya .

pas jam 2 siang mulai deh persiapan instalasinya abis makan siang juga jadi semangatnya masih penuh huhehehe .
pertama yang gw lakukan adalah membersihkannya dari debu" yang emang dah lama ga dibersihin , semuanya hardware gw lepas satu-satu trus gw bersihin pake kuas pengennya sih disemprot pake kompresor biar bener" bersih tapi apa kata karena tiada .

selesai dengan bersih" pasang kembali ketempatnya masing" untung kali bautnya ga sisa lagi hahaha , okey semuanya sudah terpasang dengan sesuai dan ditempatnya masing" saatnya beranjak ke tahap installasi ulang OSnya .

dengan percaya diri karena dah biasa juga sih install dan reinstall OS jadi ga terlalu grogi,
CD dimasukkan kedalam CD rom .
restart dan tunggu sampai nyala ..
muncul layar start-up boot loader ...
muncul konfirmasi untuk melakukan booting dari CD ...
ENTER dan tunggu inisialisasi hardware yang terpasang di komputer ...
muncul pilihan untuk FRESH Install / Repair , gw pilih FResh Install ...
muncul pernyataan persetujuan dengan menekan tombol F8 berarti gw setuju ...
muncul pilihan partisi gw pilih C: lalu tekan ENTER ....

tapi apa yang terjadi komputer langsung shutdown sendiri whaaaaaaaaa !!!!

gw coba lagi dari awal tep tep tep sampai ke tahap partisi lagi pencet ENTER dan...

jtet pettttttt blank blank jenggreengggg ... mati lagi whoaaaaa (mulai panik) ..

ide pun muncul mungkin CD installnya yg rusak , gw cari" CD install ngubek" sana-sini ketemu juga CD install yg dari NO BOOT,SP3 nO KEY sampai ke yg SP2 with KEY , gw coba satu satu CD tersebut tapi apa yg terjadi selalu mati di tahap itu hikss...

ide muncul lagi ( mungkin salah di setingan BOOT setingnya *mikir* ) ok gw restart pencel DEL masuk ke boot setup , periksa setiap pengaturan yang ada tidak ada yg mencurigakan (sepertinya Normal saja *mikir* ) lalu save change restart lagi .
setelah menunggu dan sampai ditahap itu ternyata masih mati juga whuahhhhh mulai ga tenang nih (annoyed) .

hmmm mungkin CD romnya *mikir* okey gw copotin dah pake CDrom kompi sebelah , setelah pasang dan masukan CDnya ulangi installasinya dari awal sampai ketahap tadi dan pettttttttt mati lagi ( asemiks *misuh misuh dalam hati* ) mulai panik lelah dan bosan whuahhhhhhhh jadi pengen minum .

akhirnya minum air putih juga setelah menahan haus dari tadi karena panik .
adzan magrib berkumandang tapi installasinya belum bisa juga ,baiklah ambil wudhu dulu setelah itu coba lagi sambil nunggu musholanya kosong tapi ternyata gagal lagi dan gagal lagi huftttt sepertinya harus sholat dulu .

akhirnya setelah sholat magrib nyobain lagi tapi tertunda oleh kedatangan BNKY yg sudah menunggu dibawah, sekalian rehat temuin dia dulu trus gw ajak dia naik trus gw minta pesenan gw tadi ternyata dia malah ga bawa CD installannya tapi malah bawa USB Install waduh mana belum pernah nyoba sebelumnya lagi (nepok pantat) .

setelah coba lagi dan coba lagi kali ini diperhatikan sama BNKY ternyata dia juga ga tau masalahnya kecuali kasih saran ganti Power Suplay, yang setelah gw coba ganti ternyata tetep aja ga ada ngaruhnya .. hufttttt . baiklah nyerah sementara sambil mikir .
ternyata BNKY katanya masih punya PR dirumah ya udah gw ikut nganterin dia kebawah sama sekalian gw nebeng kewarteg meskipun belum lapar hehe ..

ok makan malam sudah perut berasa penuh dan jadi males tapi tetep harus terselesaikan installasi ini ( semangat!! ) baiklah mulai lagi bismillahirohman nirrohim ...
kali ini gw ga langsung nyoba lagi tapi kali ini gw cuma memperhatikan komputer sambil merenungkan segala kemungkinan apa yang menajadi penyababnya ..
hmmm.... lama juga mikirnya dengan berbagai teori yg bermunculan dikepala, okey akhirnya dapat juga alasan yang lebih meyakinkan mungkin RAMnya yg Error meskipun tetap terdetect secara utuh tapi inilah kadang yang bikin rancu .. okeyy ...

ngerti juga akhirnya alasan itu , tanpa babibu lagi gw copot RAMnya trus gw tiup-tiup buat pastiin ga ada debunya trus gw pirit-piriy pin" emasnya sampai keujung trus gw pasang lagi dan pastikan semuanya sudah siap dan restart ..

ulang install dari awal lagi dan tunggu sampai ketahap yg mendebarkan partisi okey pencet ENTER dengan ragu ragu lalu tunggu sampai proses dan dan ...... wow ternyata ga mati lagi .... huahhhhhhh leganya ............

masih deg-deggan nunggu sampai proses installasi selesai ...

okey dari cerita diatas gw mau kasih masukan ketika kalian installasi windows/OS
periksalah beberapa hal berikut .

1. pastikan Power suplaynya .
2. fan berikut processornya
3. pastikan semua kabel sudah terpasang dengan benar
4. pastikan Harddisknya tidak terkena badsector atau kemungkinan rusak yg fatal.
5. periksa RAM kemungkinan sedikit debu saja bisa bikin kacau .
6. segala kemungkinan bisa saja terjadi maka coba-coba sajalah siapa tahu berhasil hehe

jangan berhenti mecoba meskipun itu melelahkan !!!

3 komentar:

  1. Ane dah coba semuanya bang.. RAM udah ane ganti, HDD sdh diganti juga, PSU jg udah ane ganti.. tapi kok tetep mati saat instalasi hayooo :D
    capeeeek =,='

    BalasHapus
  2. Minggu, 7 Juni 2020 22.15 s.d 02.30 gw ngalamin hal serupa

    BalasHapus

di komen ya

 

An art- paper Copyright © 2009 Premium Blogger Dashboard Designed by SAER